Sebelum Mengungkapkan Cinta dan Cara Merawat Cinta
"Bahwa cinta tidak harus diucapkan, tapi cinta harus dibuktikan dengan perbuatan yang nyata, yaitu dengan belajar yang rajin bukan malah sering melamun, tapi sebelum kamu menyatakan cinta pada seseorang ada empat tahap yang harus kamu lakukan atau kamu dapat memilih salah satunya , agar kamu kelak tidak kecewa dengan orang yang kamu cintai "
Yang pertama, kamu harus berkaca pada dirimu sendiri, meneliti kedalam dirimu sendiri, apa pantas aku bersanding dengan dia, atau sebaliknya, bukan untuk merendahkan atau menyombongkan diri sendiri, tapi itulah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, SAW, bahwa dalam memilih jodoh harus se " Giza " / sederajat, agar dikemudian hari ketika berumah tangga tidak banyak mengalami masalah. Seperti apakah keluargaku akan diterima keluarganya? baik dari segi materi, nasab atau keturunan maupun kepandaian. Jika besok kalian berdua sudah siap menerima perbedaan-perbedaan itu maka tidaklah mengapa, karena kalianlah yang menjalani, karena kekuatan cinta yang sejati akan merubah segalanya.
Yang kedua, menemukan sesuatu kelebihan yang ada pada orang yang kamu cintai, baik itu kecantikan, harta, kepandaian, keturunan maupun agamanya. Karena kelebihan yang dimiliki sesesorang yang kita cintai akan menambah kuat rasa cinta dalam dada tetapi jika tidak sesuai maka lambat laun akan memudarkan perasaan cinta. Makanya ketika kita menghitbah / melamar diperbolehkan melihat calon istri, agar setelah menikah tidak menimbulkan rasa penyesalan. Tapi kamu harus ingat bahwa pandangan mata hanya melihat bagian luar saja, yang mudah menipu, yang harus kamu perhatikan adalah kebaikan hati dan akhlak yang mulia.
Yang ketiga, carilah kekurangan, kelemahan atau sifat-sifat negative dari orang yang kamu cintai.Seorang pecinta sejati harus siap menerima kekurangan dari orang yang dicintai, jika dia tidak mau menerima segala kekurangan maka dia tidak mencintai, dia hanya menyalurkan hawa nafsu, dia hanya ingin mencari kepuasan sexual hanya melihat dari bentuk fisik, cantik dan sexi. Kekurangan dari pasangan kita itulah yang harus kita tutupi dengan kelebihan kita dan juga sebaliknya, maka kunci utamanya adalah setia dan menerima apa adanya kekurangan dan kelebihan dari pasangan kita, karena Allah, SWT, berfirman : "Mereka (istri) adalah pakaianmu dan kamu adalah pakaian mereka ... "Karena fungsi pakaian adalah untuk menutupi aurat, (menutupi bagian tubuh yang ketika terlihat akan membuat sesorang malu), orang yang jatuh cinta harus saling melengkapi dan menutupi kekurangan masing-masing
Yang keempat adalah minta petunjuk dari Allah, SWT. Atau dikenal dengan istikharah , ada pepatah "manusia bisa berusaha, tapi Allah, SWT lah yang menentukan". Maka dalam menjatuhkan cinta kita harus minta petunjuk dariNya, apakah cinta yang berkobar dalam ada adalah cinta yang diridhoi atau hanya godaan setan. Dia jodohku maka pertemukanlah kami berdua, tapi jika tidak berjodoh, berilah rasa ikhlas dalam dada dan berilah pengganti yang lebih baik dari orang tersebut. Memang Hasil dari Istikharah ini tidak lagi menggunakan akal tapi mengunakan kemantapan dan keyakinan orang yang menjalankan, bahwa ini adalah pilihan yang terbaik dari Allah, SWT, baik itu petunjuk untuk berpisah atau tidak cocok maupun berjodoh, sehingga tidak ada jawaban dari pertanyaan kenapa aku jatuh cinta kepadanya? Dari mana datangnya cinta? atau juga sebaliknya, karena itu adalah pilihan terbaik setelah kita minta "petunjuk" dari Allah SWT.
mungkin Pertanyaan seperti itu sering dijawab oleh para pakar, dengan berbagai jawaban, begitu juga Cara merawat cinta ini, saya baca dari berbagai buku kemudian saya pahami sesuai kondisi dan saya praktekkan, ada beberapa jawaban yang tidak cocok tapi yang saya tulis ini, saya anggap cocok untuk saya, tapi belum tentu sesuai dengan apa yang Anda inginkan sebab kondisi yang berbeda, seperti berobat kedokter, banyak orang yang bilang bahwa berobat kedokter "A" cepat sembuh tapi ketika Anda sendiri berobat tidak lekas sembuh.
Karena cinta adalah benih yang tertaman dalam hati, sehingga harus dirawat, dijaga agar bisa tumbuh dan berkembang dan akhirnya berbunga dengan semerbak aroma harum maka harus dirawat oleh para pecintanya, agar nantinya bisa menghasilkan rasa damai, tentram sentosa yang dalam ajaran Islam menjadikan keluarga " Sakinah , Mawaddah wa Rohmah "
Yang pertama adalah "Kehadiran", adanya orang yang kita cintai berada disamping kita akan membawa rasa bahagia, khususnya wanita. Kalau ada suatu masalah dengan kehadiran secara fisik, biasanya akan mempermudah menyelesaikan masalah, sehingga hilang rasa saling mencurigai dan tidak percaya, Dengan kehadiran kita bisa mencurahkan kasih sayang, sehingga dapat menjaga pertumbuhan bunga-bunga cinta, sehingga ketika harus berpisah secara fisik, kehadiran tersebut dapat diganti dengan foto, saling telepon, sms dan lain sebagainya.
Setelah "kehadiran" kemudian yang kedua adalah "Mendengarkan", banyak orang yang ingin apa yang ia katakana didengarkan tapi tidak mau mendengarkan orang lain, dia lupa Allah menciptakan dua telingga dan satu mulut, agar kita banyak-banyak mendengar dari pada berbicara. Biarkan pasangan kita berbicara tentang semua hal dan kita menjadi pendengar yang baik, jangan menyela, jangan mengkritik dan jangan menghakimi, apalagi dalam pertemuan-pertemuan sehari-hari kita gemar menasehati, mengatur, mengkritik bahkan memarahi. Dengan mendengarkan maka pasangan kita merasa di " wongke "
Yang selanjutnya yaitu, "Kebebasan", mencintai bukan berarti memiliki sepenuhnya, serta bisa mengatur sesuka hati, karena dia juga memiliki keinginan seperti kita, seperti burung jika kita pegang erat-erat maka akan mati, jika kita lepas maka akan terbang dan pergi. Kebebasan bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, tapi memberikan kebebabasan dalam bertindak dan bertanggung jawab atas segala hal yang dia putuskan atau lakukan.
"Bersedia mengalah" adalah salah satu cara merawat cinta, permasalah itu selalu ada, jika itu mudah maka jangan dipersulit, jika besar anggap saja masalah kecil, jika masalah kecil maka anggap saja tidak ada, jangan seperti pepatah jawa " kriwian dadi drojogan "permasalahn kecil menjadi besar. Karena tidak semua persoalan membuat kita bertengkar, kalaupun ada pertengkaran paling benar, tapi itu tidak mungkin terjadinya bentrokan pasti ada salah satu pihak yang bersalah, maka untuk menjaga keutuhan cinta harus ada salah satu yang mengalah, biasanya dalam rumah tangga dilakukan oleh istri, rela mengalah untuk kebahagian keluarga. Kesedian mau mengalah akan mengajarkan kita untuk tidak mudah emosi, tidak mudah sakit hati dan menyadarkan pada diri kita bahwa tidak ada manusia yang sempurna.   
Cinta adalah melayani bukan dilayani
Cinta adalah memberi bukan menerima
Cinta adalah memberi perhatian bukan minta diperhatikan
Cinta adalah membahagian orang yang kita cintai bukan membahagiakan diri sendiri
asemoga dapat memberikan manfaat pada kita semua dan selat tahun baru 1434 H semoga yang belum menemukan jodoh dapat  segera di pertemukan  dengan jodohnya, yang sudah menemukan segera di nikahkan, yang sudah nikah dijadikan keluarga yang " Sakinah , Mawaddah wa Rohmah "dan segera di beri momongan yang sholeh dan solehah Amin salam cinta untk cinta dari pecinta 

Posting Lebih Baru Posting Lama

Blogger.. Diberdayakan oleh Blogger.